Skip to main content

Cerita Mahasiswa ber-IPK Rendah


“Walaupun ada sebagian dari lu yang berpendapat kalo IPK itu gak penting, setidaknya IPK tinggi bisa jadi bentuk rasa terimakasih kita terhadap orang tua yang sudah bersusah payah mencari uang agar anak kebanggaannya bisa kuliah dan meraih cita – cita”
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
 
Halo pembaca yang budiman (walaupun saya yakin tidak semuanya bernama Budiman). Hari ini gue bakal membahas tentang suatu yang paling gue gak sukai saat ini. Saking gak sukanya, gue nulis sambil dengerin lagunya Cherybelle yang judulnya Iwak Peyek. Oke, ini sudah cukup garing. Oh iya, betewe nih kan baru – baru aja masuk kuliah lagi. Baru selesai liburan rasanya gimana ? kalo anak SD setiap habis liburan gitu pasti langsung disuruh bikin essay sama gurunya tentang liburan mereka masing – masing. Anak – anak SD yang notabene masih dalam masa pertumbuhan dan memiliki tingkat tekanan yang masih cenderung rendah pastinya menuliskan essay mereka dengan penuh suka cita. Seperti halnya Chika, bocah yang punya cita – cita jadi astronot namun dipaksa punya cita – cita jadi dokter saat membintangi iklan susu ini menulis essay tentang pengalamannya saat berlibur ke luar negeri bersama para alien. Lain Chika lain pula Baim, bocah yang masa kecilnya suram karena bercita – cita ingin menjadi personil boyband lokal ini bercerita pengalaman bersama peliharan barunya, seekor dugong yang disangkanya putri duyung.


Lain anak SD lain anak kuliahan. Anak kuliahan merasakan liburan bukan sebagai hal yang tepat untuk bersantai namun kadang menjadi sebuah tekanan tersendiri, khususnya bagi mahasiswa ber-ipk rendah (kayak gue). Betewe soal ipk, ipk kalian berapa nih ? ada remidi gak ? ada pelajaran yang ngulang tahun berikutnya gak ? oke, cukup. Bagi kalian yang gak cukup kuat dengan pertanyaan – pertanyaan barusan bisa berhenti baca tulisan ini sekarang daripada gue mesti menanggung dosa gara – gara lu pada bunuh diri atau tiba – tiba overdosis. Oke, ini cukup mendramatisir.


Kali ini gue bakal bahas sedikit tentang IPK…….IPK…..IPK….. IPK….iiiiiiiiiiiiiiiiiippppeeeeekkkaaaaaaa……. Udah gue bilang kalo gak kuat exit aja.


IPK itu apaan sih, kalo gue boleh saran sih lu jangan tanya sama Budi deh. Budi masih kelas 2 SMA, dia seangkatan sama mantan gue dan dia itu adek kelasnya mantan gue serta dia adalah kakak kelasnya mantan gue juga, tapi gue gak bakal bahas tentang mantan gue yang seangkatan sama gue karena gue punya gebetan yang seangkatan juga sama gue tapi itu dulu, dan sekarang dia juga udah jadi mantan gue. Orang jelek kadang kalah sama orang ganteng karena orang jelek bisa punya banyak mantan karena kadang kejelekan seseorang cowok bisa terlihat saat pacarnya melihat orang yang lebih ganteng darinya. Sorry coy, gue gak curhat.


Sebelum ngomongin IPK, gue mau curhat dikit tapi bukan soal mantan atau gebetan gue yang sekarang. Tapi soal gerak - gerik gue waktu semester kemaren. Semster kemaren gue kehilangan keperkasaan dalam menuntut ilmu. Sumpah, cepet bosen banget sama yang namanya kuliah, diperparah lagi kampus gue adalah kampus teknik yang notabene dikuasai para lelaki, mulai dari lelaki sejati maupun yang gak sejati dan mulai dari yang hidung belang maupun yang hidung gede. Kenampakan wujud cewek di kampus gue boleh dikatakan bagaikan populasi kuda nil di pulau komodo atau dalam kata lain ”langka”. Cewek aja langka, apalagi yang cantik. Yang cantik banyak, para maho.

Situasi yang kurang kondusif di kampus bikin gue males ngampus, kalo udah males ngampus ya gak dapet materi dari dosen. Akibatnya, nilai ujian gue bagaikan rekonstruksi wisma atlit yang gagal. Udah amblas, hancur pula. Oh iya, sama juga kayak kejadian tektonik lempeng konvergen yang bikin salah satu lempeng menurun kebawah (nyambung gak nyambung baca aja).
 
Belum cukup nilai ujian gue yang pada ancur, gue pun merasa lebih dihancurkan waktu denger isu kalo Superman udah gak pake kancut merah diluar lagi. Oke, bagi yang udah ngerasa mual – mual silahkan berhenti baca tulisan ini.

Kembali ke soal IPK nih ye, jujur gue shock banget waktu ngeliat KHS. Bener banget, siapa yang gak shock waktu liat nilai D bertebaran di lembar KHS bagaikan rasi bintang Aries dan Gemini yang lagi kawin. Melihat kenyataan ini, gue akhirnya memutuskan untuk lompat dari lantai 3 Amplaz (Ambarrukmo Plaza) setelah melihat total IPK yang waktu itu lebih rendah dibanding bocah lokal 3 tahun yang suka main pasir atau berenang di selokan nyari ikan otek. Namun, saat gue mau lompat, gue dicegah dan ditarik oleh sekuriti kerena menurut mereka gue adalah makhluk langka dan harus dilestarikan. Gue ngerasa jadi orang utan kalimantan yang dikawin silang sama badak bercula satu saat itu.

Liburan tiba………… gue pulang kampung ke Kalimantan Timur, nyokap bokap sampe adek gue nyambut kedatangan gue dengan senyuman. Gue membalas senyuman mereka, namun semua berubah saat bokap gue nanyain IPK. What the fuckin hell ? gue baru turun dari bus langsung ditanyain gituan ! ada apa dengan Cinta ? ada apa dengan Rangga ? oke, semoga kalian gak berfikir bahwa masa lalu gue adalah seorang penggemar film cinta romantis – romantisan dan sebenernya senetron berjudul “ABG” yang ditayangkan di RCTI tamatnya ketika pemerannya pada kawin dan waktu itu Masayu masih cantik. Arrrrrrrrrrrrrrrgggggghhhhhhhhh.!!!!

Saat pulang kampung gue sukses menyembunyikan total IPK gue, saat saudara – saudara gue nanya soal IPK pun gue cukup menjawab seadanya. “IPK gue 4.0”, gue menjawab dengan santai namun di dalam hati gue bener – bener teriris, gue gak terbiasa dengan kebohongan. Punggung gue ngeluarin sayap kelelawar dan cincin halo di atas kepala memudar berubah menjadi tanduk. Gue menjadi orang jahat.

Sampai gue balik buat kuliah lagi, gak satupun orang yang tau IPK asli gue kecuali…. Aris.. Dia Cuma temen gue yang gantiin password akun SIAKAD pribadi gue gara – gara takut kalo nilai – nilai gue bakal diliat temen – temen yang laen. Jangan mikir negatif, gue gak homo ! gue masih perjaka !

Ditengah – tengah kegalauan gue, tenyata biksu tong san chong yang lagi nyari kitab suci bersama rombongannya singgah ke kontrakan gue. Mereka ngasih gue sebuah buku yang menurut mereka suci dan hanya boleh dibaca oleh orang – orang tertentu saja, yang dimaksud orang – orang tertentu itu adalah orang – orang yang ber-ipk rendah kayak gue. Sekali lagi gue ngerasa langka.
(kenampakan buku suci pemberian biksu tong san chong)

Membaca buku yang kayak gitu menurut gue gak bakal ngasih hasil apa – apa. Materi yang ada di dalam buku itu gak bakal ada yang keluar pas ujian akhir semester. Gue berhasil galau lagi. Tapi bagi mereka – mereka yang suka aplikasi yang ditawarkan buku ini bisa cari di gramedia apa hubungin gue aja. Gue masih simpen bukunya, buruan sebelum gue balikin sama om biksu. Betewe soal IPK nih… gue gak bakal bosen nawarin buat lu yang gak kuat baca mending berenti baca tulisan ini, soalnya yang diatas baru pembuka. Belum inti dari pembicaraan ( yang enggak ) serius ( amat ).

Dari tadi kan gue ngomongin IPK nih, bagi pembaca kuat yang satu angkatan sama Budi masih belum tau apa itu IPK ? gue kasih tau nih.


IPK = Indeks Prestasi Kumulatif. Dimana IPK sendiri adalah hasil dari akumulasi dan perhitungan perbandingan nilai yang didapat dari hasil kali dan bagi nilai – nilai dalam satu semester atau lebih sehingga menghasilkan point akhir yang namanya IPK. Di Indonesia, IPK maksimum seseorang adalah 4,0 dan tidak ada titik terendahnya.


Ada sebuah pertanyaan dalam hati gue yang cukup menggelitik. Apa sih fungsi dari IPK sendiri ? apakah berpengaruh dalam dunia kerja ? apakan IPK bisa menentukan nanti kita akan menjadi seseorang yang sukses ? apakah orang ber-IPK rendah bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan tempat yang baik ? Apa IPK bisa ngancurin hubungan gue sama pacar gue ?


Pertanyaan – pertanyaan tersebut sempat terlintas jawabannya dalam pikiran gue waktu merenung. Dan yang gak perlu lu pada tau, gue akhir – akhir ini jadi sering merenung pasca tragedi IPK perdana gue itu. 

Apa sih fungsi IPK ? cukup sederhana. IPK coba deh dijadiin motivasi, kalo lu udah dapet IPK yang rendah lu usahain untuk bercermin. Apa yang lu liat ? sebuah kebangkitan itu bisa jadi nyata kalo lu bener – berner berkaca dari pengalaman di masa lalu. Disaat lu udah bangkit dan berhasil, lu gak bakal malu lagi kalo ada orang yang nanya berapa IPK lu semester ini.

Apakah IPK berpengaruh dalam dunia kerja ? pertanyaan yang sederhana dengan jawaban yang sederhana sebenarnya. Jika IPK tidak berpengaruh dalam dunia kerja, terus mengapa perusahaan – perusahaan jaman sekarang menetapkan kriteria calon pegawai berdasarkan IPK ? contohnya perusahaan tambang atau perminyakan yang menetapkan kriteria minimal calon pegawainya ber-IPK 3,1 sampai 3,7.

Apakah IPK bisa menentukan kesuksesan kita mendatang ? untuk persoalan yang satu ini jujur saya belum bisa menjawabnya. Karena kadang kesuksesan seseorang tidak hanya berkaitan tentang IPK, bahkan IPK sendiri presentasenya kecil dalam menentukan kesuksesan seseorang. Yang paling berperan adalah kerja keras, doa, dan kesabaran seseorang, walaupun dalam memperoleh IPK tinggi pun membutuhkan 3 aspek tadi.

Apakah orang ber-IPK rendah bisa berkesempatan untuk mendapatkan tempat yang baik ? secara logika, orang ber-IPK rendah biasanya menduduki jabatan yang lebih rendah pula dibanding dengan oarang ber-IPK tinggi walau mereka sama – sama memiliki title sarjana yang sama. Permasalahan mendapatkan tempat yang baik adalah relatif, mendapatkan tempat yang baik dalam pekerjaan, masyarakat, atau tempat yang baik waktu nonton bioskop ?

Apa IPK bisa ngancurin hubungan gue sama pacar gue ? hmmmmmmmm, sebuah pertanyaan yang cukup menarik. Gue sengaja melakukan banyak survei untuk pertanyaan yang satu ini. Untuk hal ini sendiri sih tergantung pembawaan pacar masing – masing. Kalo orangnya perfeksionis dan tidak pengertian dalam arti tidak mengerti tingkat kesulitan bidang studi yang diambil ya bisa jadi aja pacar lu itu mutusin hubungan sama lu. Contohnya nih, lu kuliah di jurusan teknik sementara pacar lu kuliah di bidang sastra, terus waktu semesteran dia dapet IPK diatas 3,1 sementara lu dapet IPK dibawah 2,9 terus gara – gara itu lu dianggap gak bisa ngimbangin dia atau gak berprospek, terus putus. Nah itu berarti pacar lu bego dan lu harus mutusin dia duluan. Hmmmmm, masih kurang paham ? kalo udah liat tampilan gambar di bawah ini semoga kalian bisa paham.
(Pesan singkat seorang cewek ke cowoknya yang ber-IPK rendah) [bukan kisah gue]


Sebagai seorang mahasiswa yang pernah dapet IPK kurang dari 2, gue ngajak temen – temen untuk berubah dan lebih bermotivasi untuk mendapatkan IPK yang lebih tinggi. Kalo bisa IPK kita semester depan 4,1 (dipecat jadi mahasiswa). Berpengaruh atau tidaknya IPK kita terhadap pekerjaan kita dimasa depan biarkan Tuhan yang mengatur, kita tidak akan tahu tentang masa depan. Yang terpenting sekarang, kita bisa raih IPK yang tinggi dengan kemampuan kita sendiri. Walaupun ada sebagian dari lu yang berpendapat kalo IPK itu gak penting, setidaknya IPK tinggi bisa jadi bentuk rasa terimakasih kita terhadap orang tua yang sudah bersusah payah mencari uang agar anak kebanggaannya bisa kuliah dan meraih cita – cita. Hargai mereka.

Demikian tulisan gue buat hari ini, makasih buat yang udah mampir dan share. Semoga IPK kita semester ini dan semester depannya lagi bisa semakin baik.

 

 

Comments

  1. Haha, boleh juga cerita lo :D mantap-mantap teruskan berkarya..
    Mampir lah di blog gue juga :D

    ReplyDelete
  2. Pasti bang. Thanks for visited :D

    ReplyDelete
  3. hahahah jadi malu nih kalau ingat IPK sendiri yang cuma cukup buat makan sehari hari hiheiheihee. Kunjungan pertama nih. Salam Kenal ya. I followed you already. Cheeeeeeerssssssssssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ini udah berpengalaman ini. Salam kenal mas asep lets share and thanks for visited :)

      Delete
  4. wah, aku baru semester satu,, belum tau soal ipk2 ginian heheh... mungkin ipk yg rendah gajinya juga rendah kalo diperusahaan, tapi kalo wirausaha ya beda lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uhh, lu jangan ngatain gitu dong bro. Gue takut nih -,,-

      Delete
    2. org berIPk rendah bisa jadi wirausaha trus pas sukses org berIPK rendah tersebut mempekerjakan org berIPK Tinggi..
      (menghibur diri bro BTW IPKku 2, sekian) wkwkwk..

      Delete
  5. bagi saya, IPK itu hanya bonus dari hasil belajar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kayaknya beda sama bonus piring cantik kalo beli detergen *mewek*. Betewe, thanks for visited ya

      Delete
  6. IPK itu berpengaruh kalau mau melamar pekerjaan jadi pegawai, rata2 salah satu syaratnya adalah IPK minimal 2.75 untuk PTN dan 3.00 untuk PTS, tapi IPK gak akan mempengaruhi masa depan kamu kalau kamu buka usaha sendiri dan jadi bos :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, wah begitu memang sih menurut beberapa sumber yang juga pernah saya baca. Betewe, makasih komentar dan kunjungannya :)

      Delete
  7. hahaa ngakak bacanya, seru, ceritanya ngalir.
    kalo gw deket elo nih, yakin sumpah gw jitak lo =D haha
    semangat lah ya.. baru mulai itu mah, masih semester dua.. belom ada apa2nya :p
    main juga lah ya ke blog gw =D

    salam kenal, salam sukses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, kok jadi anarkis nih main jitak - jitak segala -___- tapi, terimakasih banyak kak :D

      Delete
  8. apa itu IPK.. :D

    keren ceritanya bang.. ngakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduuh, jadi malu. Yuks besok gue traktir angkringan :D

      Delete
  9. Jadi, intinya nih ya menurut gue IPK itu tinggi atau rendah itu gak berpengaruh banget2 kok sama perusahaan. Gak juga. Yang penting pengalaman sama cara lo interview aja (attitude). Iya gak sey ? hehe

    Mampir ya kaka bass :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benarkah ? Wah, cukup melegakan.
      makasih yah udah mampir dan masukannya sangat bermanfaat :)

      Delete
  10. IPK cuma 10% bek pengaruhnya. yang pnting smester 2 biar bisa ngambil sks lebih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi mbroooohhh :'v
      mohon bimbingan dan kerjasamanya !!

      Delete
  11. Kalo buat saya yang baru 2 bulan lalu dapet IP pertama, IP itu bisa jadi rasa terimakasih buat diri sendiri juga.

    ReplyDelete
  12. IPK oh IPK,. dilematis emang,. Ilmu dinilai dengan angka tanpa dinilai dengan usahanya. Sebenarnya fungsi kuliah buat apa ya? mengejar ilmu ataukah IPK? * suka sensitif kalau ada yang ngomongin IPK* BTW, salam kenal ^_^. Tulisannya menginspirasi,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoohohoho, sama kejadiannya kayak peristiwa Ujian nasional. Ini yang dikejar ilmu apa nilai.
      Betewe juga, makasih yah udah mau berkunjung :)

      Delete
  13. aduh mlah nemu tulisan y ngomongi IPK,, mana lg galau gara" ipk cukup" makan bingung cari kuliah lanjutan y nerima.. but,, keep smile *Loh,, maksudna tetep semangat ya,, smsnya okeh tuh buat nolak orang,, ^.^~

    ReplyDelete
  14. Yoooohohohoho, sedang berusaha untuk smile walaupun kadang getir :D terimakasih udah mau berkunjung dan membaca tulisan nista saya. Hoho

    ReplyDelete
  15. hahaaaa,memang ya IPK itu sesuatu banget. ceritanya bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiakakakak, IPK itu emang sesuatu mbak. Tapi sayangnya syahrini itu gak IPK *lha?
      Dan terimakasih udah mau berkunjung ke blog dan baca tulisan absurd tapi mendidik ini :D

      Delete
  16. Tetap happy bang, se-happy ketika nulis postingan ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu nulis ini jujur gak happy lantaran kecewa pas tau tenyata nikita willy milih pacaran sama pemain bola. Lha? Terus..
      Makasih udah visited ya om

      Delete
  17. bagus bang karyanya.
    lanjutkan! :D

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. So far, baca tulisan ini saya terhibur, karna saya salah satu mahasiswi teknik, dan jujur ipk saya tidak memuaskan dan rasanya itu kya ditikam seribu jarum di kepala, KO BISA?! akhir2 ini saya bingung buat nyusun kata2 untuk orang tua saya nanti saat saya pulang kerumah.Doakan saya ya semoga kedepannya saya jadi salah satu mahasiswi teknik yg dapat ip 3.2 keatas.
    Terimakasih
    Salam Teknik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam mahasiswa teknik :)
      wah sebelumnya terimakasih udah mampir. Nah, emangsih kalo jurusan/fakultas kita agak susah cari nilainya. Tapi tetap semangat yah saling mendoakan :D
      sukses ya..

      Delete
  20. ini sama banget haha. Gue juga mahasiswa teknik dengan ipk ngepas dikit. Tenang aja, selalu ada peluang di semester selanjutnya. IPK bukan nilai kyk pas kita sekolah. IPK selalu bisa diperbaiki sampai kita lulus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, semoga ipk bisa terus meningkat. Salam mahasiswa teknik bang

      Delete
  21. ahahaha ... IPK itu tdak berbanding lurus dgn gagal-suksesnya org d masa depan percayalah !!!!
    ada masanya ipk tinggi ada masanya ipk rendah... dulu ipk sya FE 3,2 - 3,4 - 3,7 - 3,75 - 3,8 -3,5 - 3,2 - 2,94

    semua itu kmbali lg ke diri sendiri untuk koreksi diri.. dan d saat terpuruk kita bsa belajar kecerdasan emosional.

    ni contoh beberapa kecerdasan emosional :

    >Kesadaran Emosional , yang meliputi kedewasaan emosi dalam pengambilan keputusan yang win-win solution.
    >Pengelolaan Emosional (pengedalian diri) yang meliputi kemampuan kepekaan, sabar dan tabah dalam menjalankan tugas.
    Motiovasi Diri, yang meliputi kemampuan berpikir positif, ulet dan pantang menyerah
    >Empati pada Sesama ; yang meliputi kemampuan memahami, merasakan, peduli, hangat, akrab dan kekeluargaan
    >Ketrampilan Sosial , yang meliputi kemampuan bermusyawarah, bekerjasama, kepentingan umum/tim)

    ReplyDelete
  22. waah, serasa memiliki banyak teman yang senasib, huehehehe..
    saya mahasiswa farmasi ber-ipk rendah juga (*untuk saat ini)
    bagus bro karyanya... lanjutkan !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. bhaha, kenyataannya spesies seperti kita memang banyak. siap,
      terimakasih sudah berkunjung :D

      Delete
  23. emang IPK lo berapa bek??? *kaburrrrrrrrrr*

    ReplyDelete
  24. Thanks broo,ngakak gila dah cerita ente,hidup teknik,...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mahasiswa teknik juga yak ? salam teknik !!
      np: kalo ngakak sampe gila gitu gimana ceritanya yak *innoncent

      Delete
  25. Memang hidup anak teknik itu penuh dengan senyuman manis bro, meski IPK di bawah 1.9 -_-
    Njir ane ambil teknik yang emang bikin b*rak pun jadi susah karena emang nguras otak

    ReplyDelete
  26. ngakak baca nih crita, , ,
    tpi lgsg mewek smbil guling-guling krna w snasib pria ber-IPK rendah, , , ,

    ReplyDelete
  27. wah gue suka banget sama tulisan lo. kereeen ih...
    tapi bukannya malu yah yang lain ip > 3,00 itu dapat 1 tambahan makul tapi kita dapatnya tahun depan belajar sama adik kelas?

    ReplyDelete
  28. wah gue suka banget sama tulisan lo. kereeen ih...
    tapi bukannya malu yah yang lain ip > 3,00 itu dapat 1 tambahan makul tapi kita dapatnya tahun depan belajar sama adik kelas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, jangan kasih gue kuis, gue gak bisa mikir banyak :(

      Delete
  29. I LOVE YOU bang...

    Blog ini bikin gue nangis sambil ketawa... *bisa bayangin*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa bayangin deh sumpah. Coba share fotonya

      Delete
  30. postingan yang bagus ,.. bang,.
    nasib anak teknik memang yah sulit dapet IPK bagus,.

    tp untung bang kisah awal saya g semengerikan itu . hehe ,.
    ipk dah >3, ... hehe

    semangat bang . pemilihan kata dan bahsanya menarik .

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, salam teknik deh. iya nih susah banget, tapi namanya teknik tetap berjuang. seninya disitu :D

      Delete
  31. gue juga mahasiswa teknik, yang semester satu IP nya jelek banget. cerita lu keren.., hahahaha. anak teknik bersuara..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah semangat bro, start boleh lambat tapi finish juara. Haha

      Delete
  32. saat ini IPK saya hanya 2.23 bingung mau kerja dimana ntah perusahan mana yang mau memasukan saya sebagai pegawai atau apalah
    saya sudah mencari sana sini semua harus dengan IPK .apa saya harus terhenti disini?
    bimbang tingkat dewa saya

    ReplyDelete
  33. Abang semangat abang. Jadi pengusaha aja

    ReplyDelete
  34. gue banget nih bang -_- baru semster 2 dapet IP yang anjlok terperosot di lumpur idup, :'( tapi baca tulisan ini bikin ngakak terharu :') ternyata banyak juga yang senasib sedarah,. SEMANGAT YANG ber IP anjlok !! thanks Bang ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama - sama ya pay :') jangan nyerah dulu ya kan masih ada semester depan. jangan mau terperosot di lumpur lagi. SALAM TUSUK KONDE !!

      Delete
  35. Hidup anak teknik memang tak jauh dari IP di bawah 2 -_- , rasanya kalau dapat IP tengkurap gimanaa ya , tapi baca ceritanya bikin seru harus punya motivasi sendiri haha :D , SALAM ANAK TEKNIK !! Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang. Ini memperjuangkan ip biar agak keren dikit aja susah. Emang kita ditakdirkan gak keren kalik ya

      Delete
  36. Gw anak teknik informatika yg selalu berhubungan dengan bahasa bahasa alien :D
    skrg sih baru semester imut" :D
    awal cerita disemester 1 IP 3 koma
    lanjut ketikungan berikutnya IP 2 koma (numpang curhat ya bg :v)
    bagaimanakah kelanjutan cerita di jalur berikutnya ????
    ikutin truss ya bg kisahnya di serial kuntilanak kesurupan wkwkw

    btw.. cerita hidup lo lebih enak dibaca daripada IPKnya bg wkwkwwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk !! Tikungan berikutnya mungkin 1 koma *dihajar. Salam teknik nih, tapi kuntilanak itu setan kan ya. Emang setan kesurupan apaan ? :v

      Eh salam kampret deh ! Emang ipk gue bikin katarak kalo ngeliatnya sih

      Delete
  37. Ahh..ipk ga bakalan bawa kita ke neraka kan...keep calm

    ReplyDelete
  38. bang, pelukan, yuk..... *dikeplak*

    udah SIAK updatenya telat, gak taunya pas diliat ip perdana gak memuaskan XD (( curcol ))
    jurus menghindar lain yang bisa dipake kalo lagi ditanyain ip dong bang!
    btw, thanks udah berbagi cerita. walaupun kita beda jurusan, tapi seenggaknya ip perdanalo lebih rendah dari gua wakakak *highkicked*

    goodluck, bud! --buddy maksudnya, bukan budi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahahaha, makasih dieah. semoga ip lo semester depan lebih rendah dari gue !!!

      Delete
    2. jiahahaha parah doa nya wkwk

      Delete
  39. Yah elah bro, ip smt 1 lu emang brapa? Gua aja udah ambil khs, dan liat ip itu 1,7 wakakaka, gua ngerasa hopeless banget nih, lagi cari" tulisan motivasi kaya yg di blog lu ini :D tetep semangat lah bro, btw ente teknik apa? Ane mesin, cinta banget sama kalkulus dan kimia teknik :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. teknik geologi, om. aduh semangat ya om, semoga semester depan makin meningkat dan bikin bangga orang tua :v

      Delete
    2. Pasti lo upn ya? Susah mana sama elektro,? Wkwkwk
      Numpang dikomen org.
      Btw slm anak teknik

      Delete
  40. Lagi cari cara bilang orang tua saat ip jelek,
    Eh nemu ginian, keren sih buat motivasi, tapi masih belum ngejawab apa yg gue cari, ga mungkin lah bilang ip gue 4,0 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bilang aja ip lo 3, 5 om. Tapi jangan sampai orang tua liat tanduk lo

      Delete
  41. Keren bro.
    Nah jadi alangkah baik nya kita harus belajar sungguh sungguh biar ipk nya naik

    ReplyDelete
    Replies
    1. kesimpulan yang bagus, om. positif thinking banget sih :)

      Delete
  42. gue punya ipk 2,50 gue baru semester 1 tapi sdh dpt ipk rendah :'( dan rata" C kak'ku blng ip rendah itu seperti sampah di ijazah kita nanti .gue bingung bagaimana cara rubah ipk gue '-' gue nga mau kcewakn ortu'ku :'( *sorrycurhat* makasih kak tulisan motivasi buat aku :') gue jg teknik tp teknik informatika gue baru angkatan 2014 salam kenal dari aku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. SALAM TEKNIK !! Tetao jalanin aja om kuliahnya. Ntar kalo ada sks lebih atau pun sisa, bisa diulang mtakuliah semester bawah yg ancur itu. Hehe

      Delete
  43. hehe?? alhamdullilah aku bisa tertawa lepas ketika membaca blogmu ini. hitung2 buat refresh setelah seharian bertampang lempeng' di depan dosen. aku setuju dengan pendapatmu. oya, sekarang sudah ditahun 2015, bagaimana ipk'mu? semoga lebih baik ya..salam kenal dari mahasiswa Jepang. ใฉใ†ใž ใ‚ˆใ‚ใ—ใ ใŠใญใŒใ„ใ—ใพใ™。 ใ‚ใ‚ŠใŒใจใ† ใ”ใ–ใ„ใพใ™。ใŒใ‚“ใฐใฃใฆใญ!!! >o<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mahasiswa kimochi -apaan yak-, syukur deh bisa bikin lu ketawa. Sebenarnya lu sukses tertawa diatas penderitaan orang lain, semoga ip semester depan lu 4,2 ya. Fyi, alhamdulillah semeser ini sukses nembus angka 3 walaupun harus nunggu sampe semester 5. Wkwk

      Delete
  44. Wahh wahh..bukan guaa ajaa yg bgituu..gua sempat minder bgt pas tau klo ipk gua paling rendah se unit..secara gua masuk k jrusan yg paling guaa gk suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gak suka kenapa bisa sampe masuk jurusan itu vroh :v

      Delete
  45. IP Semester 1 3.00, Sem 2 2.xx... sempat depresi kenapa ane kok seperti ini? Pengennya berharap lebih baik malah anjlok lebih menjadi. Hopeless, cm bisa merenung. Setelah saya baca artikelnya mas, badan saya terasa lebih sehat! Terima kasih klinik enKong Gua :v #plakk

    Wkwkwk kocak neh masnya, awalnya pengen quit aja bacanya, tp ane (paksain) terus scroll :v
    Ternyata ane sadar, ane harus move on, terus jalan memperbaiki diri ane, harus banggain ortu, #ngusapAirMata.

    Thanks mas vrooh atas artikel Inspirasinya (baca=gokil). Btw ane anak Teknik Informatika, alergi dengan yg namanya Matematika, khsusny Kalkulus dan sebangsanyo... :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus move on dongs !!!!
      alhamdulillah ya kang mas prabu. bocah imut seperti saya masih bisa menginspirasi masnya :*

      Delete
  46. Ipk bikin gila, dosen lebih gila. Semester ini ip gue gak sampe 2.0, gila bgt 3 mata kuliah gue ngulang dan ketiga nya itu ga masuk akal bgt lah sampe bisa gagal gini. Btw gue kuliah jurusan teknik sipil, dari semua aspek yg get bandingin antara gue yg ipk rendah sama orang yg ip nya tinggi cuma gjni.
    1. Ada satu mata kuliah yang anehnya gue gagal gara gara gak ngerjain 1 soal waktu uas (soal ini bobotnya 35% dan pdhl soal lain gue kerjain total 75% gue kerjain)
    2. Di mata kuliah ini gue gak ngerti knp bisa gagal, kehadiran sama bgt dengan temen gue, waktu ujian pun gue isi semua soalnya dan gue emang ga pernah buat masalah sama dosen
    3. Yang ini sama bgt kejadian nya dengan yg kedua tadi bedanya ini dosen emang dikenal aneh ngasih nilai, suka random gitu. Gila kan?

    Jujur sampe skrg gue stress bgt mikirin ini, udahlah gue harus bohong ke orang tua gue juga ga pernah bisa berhenti mikirin ini mana rektor pernah bilang (waktu baru masuk kuliah dulu) kalo untuk angkatan gue kuliah dibatasi sampe 5 tahun aja lewat dari itu bisa langsung DO. Nah apa gak stress gue mikirin ini? Ditambah orang tua kalo dikasih tau nilai jelek bisa nya cuma ngomel pdhl dja gak pernah tau gimana gue kuliah disana dan gmn kerasnya gue perjuangin kuliah gue. Sorry min panjang lebar gini curhat ane ๐Ÿ˜„

    ReplyDelete
    Replies
    1. kompak broh !! gue juga sering ngalamin yang kayak gitu, kadang ane mikir mungkin ini dosen nilainya pakek dadu !!! ah faklah ( maaf kebawa suasana )

      Delete
  47. mbak ? cantik - cantik kok sales ?

    ReplyDelete
  48. Sblmnya mksih bnget ni,gokil bner post lu...sblmx drop bnget ni,ngliat nilai"smester ni bgtu berwarna ancurx..,rsx tu sakitt bener + sedih klau nginget ortu..tp stlah baca post kalian smua gua jd lbh smngat rsx..yosh ayoo smngatt naikin ipk kdepanx...
    Btw gua br mw smester 3 dn anak teknik jg...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat om !!! jatoh dikit gak masalah lah, namanya juga teknik

      Delete
  49. saya seorang mahasiswa ber ipk rendah...
    saat ini masih strees mikirin ipk,,,duuh gusti

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama boss !!!! pusing ini kepikiran orang tua mulu

      Delete
  50. Aku sebel mas bro ip rendah gini
    maklum mahasiswa farmasi yg susah cari nilai
    entahlaah, usaha lagi dahh biar sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Usaha dibarengi doa gan. Biar lebih afdol. Dibalik doa pasti ada kejutan

      Delete
    2. Usaha dibarengi doa gan. Biar lebih afdol. Dibalik doa pasti ada kejutan

      Delete
    3. Iya.. capek2 bikin laporan.. nilai gak jauh dari 70.. -,-"
      Bingung tiap hari bljr buat pretes atau bljr buat makul.. akhirnya bljar buat makul seblm ujian. Lelah aku

      Delete
  51. lain cerita lain derita, kalau kalian para mahasiswa ngomomgin ipk ni gue masih mau share ni apa itu ipk eeeeehhh dapet artikel ini, ada alasannya kenapa gue share tentang IPK. karena tahun depan gue mau masuk kuliah TI. minta sarang nya dong buat kakak mahasiswa sulitnya+untung apa TI itu ,yang positif" aja yang ngasih pendapat pliiiiisss jangan yang negatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. TI itu menarik. Kalo kamu jenius, kamu bisa hack portal kampus kamu dan rubah semua nilai seuka hati. Hahaha

      Delete
    2. TI itu menarik. Kalo kamu jenius, kamu bisa hack portal kampus kamu dan rubah semua nilai seuka hati. Hahaha

      Delete
    3. hahaha..
      btw aku anak TI..
      udah ada yg pernah ngerubah nilai SIAM akhirnya ketahuan dan berakhir dengan IPK 4,1 wkwkwk LOL..

      Delete
  52. Kita senasib gan, btw ente udah wisuda blm?
    Ane kuliah udah 10semester masih 2,5 aja ni IPK, mau tak mau semester ini ane ngulang matkul nyampe 24sks :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syedih gan. Ane masih mendaki semester 7, tapi ipk masih sakit gan. Ngulang aterus ni kalo ada sks sisa

      Delete
  53. bro ane mau nanya tolong di jawab ya ? :D
    ane sekarang di sebuah PTS, misal nya ane mundur dari PTS ini, terus tahun depan daftar ke salah satu PTN apa kah bisa ? mohon jawaban yang terbaik bro ...

    ReplyDelete
  54. Buat yg komen di atas. Sangat bisaaa

    ReplyDelete
  55. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  56. Ah sama aja. Kita semua senasib, ak masih semester 5 liat ipk kayak Tahik gitu rasanya pengen nangis dara aja. Rasanya Masa depan suram haha pesimis. Kerja dimana coba ntar?? Btw ceritanya bagus. Asik. Pengen ketawa gulung-gulung. Sampe aku baca komen dari 2013 wah. Asik bang karyanya!! Hidup teknik!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini aku udah semester 7. dan ada sedikit pencerahan loh. mungkin sekarang ipk kita rendah, mungkin kita lagi sibuk ngulang mata kuliah. tapi mumpung masih semester 5, latih lagi softskill kamu untuk di dunia kerja. itu yang paling penting untuk menutupi kekurangan kamu. hahaha

      Delete
  57. IPK memang ga bisa jadi tolak ukur pasti ya
    tapi sampe buat tolak ukur putus itu lucu juga hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaah itulah min, ipk kadang bikin apa yang gak mungkin jadi mungkin. thanks for visited ya, btw

      Delete
  58. keren bang bass..
    nilai tugas gua suram-suram. ntar IPK gua ikutan suram juga kaga bang bass ?.
    baru semester satu nih bang, belom paham IPK gue .wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo tugas sih tergantung berapa persen dia berpengaruh menurut kebijakan dari dosen masing - masih mbak, kalo 10% ya gak jadi masalah kalo nilai ujian lo oke - oke. cmiiw :3

      Delete
  59. satu hal yang bikin gua bingung sampe sekarang, adalah "Memecahkan Tugas Tentang Nirmana". Ibarat lautan, seperti mencari ubur-ubur biru dongker di antara ubur-ubur berwarna bening bang Basss.. (curhat dikit)haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, nirma... apa ? nirwana ? nirmala ? aku gak ngerti :D

      Delete
  60. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  61. the stroy make me meringis pengen jungkir balik lol, lucu banget gan. good motivation for study in college

    ReplyDelete
  62. hhhhm motivasi yang keren banget, btw jurusan kita hampir berdekatan bro tapi gue di jurussn teknik geofisika. mgomongin soal ipk yahh boleh dibilang pas-pas banget. nah pas semester 3 ipk gue turun gara-gara materi materi nya hitungan semua dari mtk geofisika,statistik,geodesi,gelombang duh itu semua mata kuliah yg antimainstream hahahaa (curhat) tp gua jalanin aja. nah skrg gue udah smester 4 insyallah smga semster dpn bisa lebih baik.

    smaga kita bisa bekerja sama nanti di perusahaan tamabang atau minyak, amin. #salam eksplorasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, halo mas - mas geofisika. emang jurusan kita anti mainstream bro. tapi mungkin beberapa tahun yang akan datang bakal lain ceritanya.

      BTW, boleh minta kontaknya gak bro ?
      geofosika univ mana ?

      Delete
  63. boleh bro, kontak pin nya nih : 5493ac81
    salam kenal dari teknik geofisika unja bro

    ReplyDelete
  64. semangat kuliah semangat mahasiswaa !!!! ;)

    ReplyDelete
  65. Sebenrnya IPK tinggi ada juga fungsinya, tapi cuma sebatas persyaratan administrasi. Selebihnya tergantung kerja keras dan kemampuan kita. Jadi ini bisa menjadi motivasi buat kita-kita yang IPKnya gak tinggi banget hehe.

    ReplyDelete
  66. bicara masalah IPK gw jadi g nyenyak tdr malam ini .. nyess bgt kalo pas lagi ngumpul ama org bahas2 IPK

    ReplyDelete
  67. I love this story. I can laughter.. HAHAHA don't give up but always cheer up. One day you will be the winner just be patient

    ReplyDelete
  68. Ip semester satu:2,4 semester2: 3 semester 3: 2,9
    Gmana nih, kasih motivasi lah..
    :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah syukurin aja bro. aku aja masih 2,7. hahahah padahal udah semester 7

      Delete
  69. Ip semester satu:2,4 semester2: 3 semester 3: 2,9
    Gmana nih, kasih motivasi lah..
    :(

    ReplyDelete
  70. hahaha, lucu banget. tapi tetap smangat ya mas bro.

    ReplyDelete
  71. hahaha, lucu banget. tapi tetap smangat ya mas bro.

    ReplyDelete
  72. haha postingan nya lawak, gua baru semester awal dan ipk gua jg belom keluar tp baru 2 matkul yg keluar nilainya, yg satu dpt BC satu lagi dapet D. kalut gua liat nilai D. emang ga iri liat anak lain dapet nilai bagus? pasti iri kan?

    dan tulisan lu memotivasi gua buat bangkit bro, thanks yak. btw gua bukan anak teknik tp anak fmipa haha salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kak fmipa. emang jurusan lo merupakan salah satu jurusan yang angker. wajar semester awal masih kaget, kayak gue dulu. asalkan jangan kaget mulu sampe semester akhir. semangat !!

      Delete
  73. That is why i hate people who ask "IPK lu berapa....................." Except my Parents << Penangkal biar g jadi batu. Btw.. mangat bro

    ReplyDelete
  74. Gue baru sem 1 IPnya anjlok. Cuman 2 koma -,- 2 MK dapet nilai D cuma gara2 telat msukin tugas. Sempat frustasi karna nggak tau gimana caranya mo dilanjutin kuliahnya. Tapi posthink ajalah tetep berusaha demi orang tua. Btw postingan lo menghibur buat gue. Thanks ya ternyata banyak juga yg senasib ama gue wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kalo udah ketemu sama yang senasib itu melegakan, mbak. hahaha. semoga tetap semangat ya

      Delete
  75. Senasip, seperjuangan dan seiman gan hehe, pelukan dulu bang hiks hiks..
    Kita sama2 masih memperjuangkan hak kita bang wwkkwkw..tp alhmdulillah pcar gak memandang ipk terharu ;(..yg pnting itu kita masih sehat n bernafas bang tinggal bekerja kerasx gak tau nanti kedepanx gimana bang..opo jare engko wes haha
    Salam teknik !!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. whahaha, salam teknik !! semoga pacar lu cepat insaf ya gan. haha

      Delete
  76. bnyk yg snasib :'), sedikit melegakan, kejadian baru smlm gan, ane buka website kampus, beranjak ke link informasi studi, dan terpampang lah nilai E dan D gan, lalu ane scroll ke bwh lg, dgn gagahnya ip ane berdiri gan, dengan awalan 1, diikuti koma dan teman-temannya, hati ane hancur gan, air mata ane menetes ke laptop yg speknya gk seberapa ini :'v , bukan apa-apa, ane cuma kasian ama ortu gan, ane nyesel bgt, nanya ke temen kuliah, ip mreka bagus2, yg ada nambah nyesek, udah kyk diputusin pcr sebelum nembak gan, nanya ke temen laen, pd gk ngerti :'v , terus ane cuma pnya satu senjata, laptop yg tadi kena tetesan air mata ane sama modem yg berisi kuota seadanya, ane gugling, nyari post tentng ip dan nemu post ente ini, ane mulai ngerasa lega dikit lah, tapi ttp masih menyesal dan kecewa, ya, mau gimana lagi , semester depan harus dapt ip 4,1 pkoknya, doa'in juniormu ini kakak, :) btw, post lu udah 3 tahun yah, wah udah mau lulus , keep spirit dah buat semua, dan buat ente, makasih bnyk ya gan, post yg sngt memotivasi (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh, kepala gue ngeluarin halo lagi. terimakasih juga udah mau mampir, bro. semoga kedepan ip semakin baik dan ortu bisa bangga. soal kapan gue lulus itu urusan nanti dah, semoga Tuhan malancarkan. huhuhu

      Delete
  77. Hbis lihat khs Langsung pengen terjun dari gunung semeru (daki aja gak pernah) mata lihat E ada 3 diwarnai D,C+,B+ udah jatuh banget , ini nilai semester 3,padahal 2 semester lalu di atas 3, pas cari motivasi eh ketemu artikel ini jadi pengen ngakak terus lupa IP belum bener hahaha setelah ini ketemu dosen wali haduh serem. Kita berjuang bersama ya kak.makasih sudah memotivasi,:D kalau kemalang jangan lupa mampir kerumah hahahahahah hidup system informasi #lulusub2018

    ReplyDelete
    Replies
    1. halooo yang dari ub, terimakasih udah mampir. hahaha, mantaplah sudah bisa memotivasi. yuhuuuuu

      Delete
  78. saya juga kecewa dg ip saya yg rendah.pengen rasa nya pergi ke jembatan golden kate di amerika serikat

    ReplyDelete
    Replies
    1. golden state kalik bro. mau ngapaen lu kesana ? kalo mau nyetrum ikan boleh lah gue ikut. haha

      Delete
  79. Ipk gua rendah ni.mampus gue.cara bunuh diri yang ngak sakit gimana yaa..hehehehhe

    ReplyDelete
  80. kocak dah yg namanya dosen. gua udah jadi anak baik , absen penuh, ngerjain bisa , tugas full tapi kalah IPK nya sama temen gua yg jarang masuk nakal ujian nyontek doang .
    untung nemu tulisan ini. ternyata masih banyak yg sengsara di bawah gua wkwk

    ReplyDelete
  81. aku gak baca ceritanya, tapi baca komennya -_-

    ReplyDelete
  82. Buat pengguna android, nih ada app buat nyari DOLLAR online secara mudah tanpa modal dan legal. modal HP aja , lumayan bisa ditukerin sama STEAM gift card, gem coc , Google Play gift card, paypal, facebook giftcard, Xbox,PlaystationStore, Amazon dan ItunesGiftCard
    1. Download aplikasi Whaff Rewards di playstore (GRATIS)
    2. Setelah ke intsall buka appnya
    3. Seteah di buka klik tombol login, login ajaa pake akun facebook kalian
    4. Abis itu ada kotak invitation code
    5. Masukan kode BG27624
    6. Setelah masukan kode diatas kalian bakal Dapet $0.3, lumayan kaan, kalian tinggal ngumpulin deh sampe 10$
    7. Cara ngumpulinnya gampang, tinggal invite orang lain atau download aplikasi yang ada di app tersebut
    8. Setiap download aplikasi kalian akan mendapat hadiah sebagai reward, hadiahnya bisa $0.17, $0.22 sampe $0.66
    9. Setiap hari kalian pun akan mendapat reward bila setelah di download aplikasi tersebut tidak di uninstall lagi lumayan kaan setiap hari Uang kalian bertambah hehehe
    10. Setelah terkumpul $10 baru deh kalian bisa tukerin ke voucher google play,
    11. Terus kalian juga bisa tukerin sama Google Play gift card, steam gift card , paypal, facebook giftcard, Xbox,PlaystationStore, Amazon dan ItunesGiftCard

    ReplyDelete
  83. gile... gue juga kuliah di fakultas teknik, dan ipk gue rendah masih di bawah 2,9.. jujur gue takut kalo nanti bakalan susah nyari kerja, apa lagi gue lagi ngincer kerja di pertambangan... :( pupus dah harapan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah semester berapa bro ? tetap semangat

      Delete
    2. Gue galau ni :"(. Gue mhsiswi farmasi yg semster 1 ipknya 2.9 semster 2 di bawah 2. Mana spp gue 7.5 jt. Tp thanks ya kak ceritanya sedikit menghibur.. sumpah gue stresss bangeet :(

      Delete
    3. hai mbak galau yang bernama eka putri. jangan stress, semua ada waktu yang baiknya. tetap bekerja keras. semester awal boleh rendah, besok ? harus naik. semangat.

      Delete
  84. Mantap bang, kegalauan gua berkurang yeuh hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneng amat lu kalo ada temennya ya. hahahaha

      Delete
  85. ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya YUNI SARA, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren sundoko.dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada kiyai Erlangga atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK DISINI ATAU HUB : 085-298-609-998 HJ.ERLANGGA<<<<<<<<<
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin.

    ReplyDelete
  86. Replies
    1. geologinya ambil apa bang ? migas , tambang , geotherm ????atau apa ? lumayan nih bang nambah" temen geologist

      Delete
    2. ke softrock bro. salam kenal. geologi mana ?

      Delete
  87. Saya senang membaca Artikel ini,sangat berguna

    ReplyDelete
  88. mantap salam teknik dah , anak teknik itu kuat2 buktinya ipk kecil masih berusaha bangun untuk perbaiki lg ,,,,, meskipun ngulang dapet c jg wkwkwkkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. whahahah saking kuatnya sampai keblenger sendiri ya. salam teknik

      Delete
    3. Perjuangan teknik berat banget bro, ngerasa banget yg namanya jatuh sampe IP 1,.. trs berusaha bangkit lagi sampe kata "berhasil" mendapatkan nilai A atau B di makul yg sudah diulang ulang -_-
      Semoga dibalik menderitanya kita mhsiswa teknik ada rezeki yg Tuhan sdh siapkan

      Delete
  89. Ngomongin ipk gue jadi ngeri, gue mahasiswa teknik juga ni gan, udh mikirin matkul yg bisa di bilang extreme :v, mikirin pula ospek yg gak selesai selesai :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ospek dalam bentuk apa tuh bro ? boleh di share

      Delete
  90. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Horas bangku ! Saya mahasiswa manejemen di medan . aku pun heran bang kenapa bisa ipk aku selalu 2 . Aku pernah nanya sama dosen aku kenpa bisa ipk ku 2 ! Dosen aku jawab " Yah jelas lah ipk mu dua selalu orang tiap masuk kau ke prodi Sastra Budaya kek mana bisa naik IP kamu ! (astgah oke pak oke )
      kren Blog abang bah . mauliate horas bang !

      Delete
  91. Di kuliah itu ada IP dan IPK misal IP lu itu hasil satu semester jika IP lu bagus bisa naikan IPK misal IP gue 3,5 diawal semester dan semester kedua IP gue 3,3 kemungkinan IPK lu dikurangin 0,1. Jika dikampus gue si dapet C ipk dikurangi 0,1 atau 0,2. alhamdulillah IP gue bagus diawal 3 semester 2 dgn nilai 2,2 dan pada pada akhirnya ipk meningkat dari 2,... menjadi 2,... lumayan naik 0,10.

    ReplyDelete
  92. thanks bang lu berhasil banget menginspirasi dan menghibur gua.
    gue ngefans sama lu bang hiks

    ReplyDelete
  93. IPK rendah ya..๐Ÿ˜… mending renungin bentar trus kemas dari yg tadinya biang kegalauan jadi biang semangat ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜€

    ReplyDelete
  94. Gua mahasiswa teknik sipil,udah semester 9 IPK masih 2,60 :( ditanya ortu Mulu soal IPK,sedih ane..Dosen ane jg ga bagus soal penilaian,masa uas kmaren saya dpt nilai 66 malah total nilai ku D ?? Kesel banget,sampe tu dosen gua maki2 semoga dia ga bisa ngajar tahun ini. Trus semester 10 gua ambil 19 SKS bro,nilai jelek smua tuh yg diulangin sebelum nnti semester 11 skripsi sambil ngulang matematika 1 & 2 yg masih dapat D :(

    ReplyDelete
  95. Happy not belong to him who is great at everything, but he who is able to find simple things dlm life and be grateful.

    Ada banyak cara untuk nonton online mulai dari PC maupun HP Android kita. Beberapa situs mungkin menyediakan Nonton Bokep Online Internet semakin luas dan berkembang banyak orang yang sudah membuat blog untuk bisnisnya, ada pula yang membuat blog Cerita Dewasa hanya untuk bersenang senang. Beberapa blog wallpaper Gambar Bugil dapat kita jumpai. Tujuan dari semua blog tersebut tidak lain untuk kesenangan belaka. Terimakasih | layarkubiru.xyz

    ReplyDelete
  96. aku pernah juga ip 1, wow mantap jos..
    dan sekarang menyesal karena ikut aliran sesat (ikut tmen yg suka bolos dan sekarang tmenku berIPK 4,1) WTF..

    ReplyDelete
  97. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  98. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  99. Tahun awal, hasilnya nasakom,keikut arus.. bingung mau ngomong gimana ke orangtua, doain aja kedepannya bang, ntar kalo wisuda balik lagi ke sini gw komen wkwkwk sukses buat lu bang!

    ReplyDelete
  100. Mantap bang, senasib deh, gue skrg semester kedua, semester kmrn korban IPK juga, JOS
    Pelajaran ga bisa, IPKnya JOS, nasib mau dikemanain ini wwkwk
    Tapi tetap semangat ajalah, pasti bisa bro, harus percaya~

    Sekarang gmn kondisiny bang?
    Smoga makin JOS aj deh pokokny~
    Thx ceritanya, lagi nyari motivasi nih ^^

    ReplyDelete

Post a Comment

Pembaca yang pintar adalah pembaca yang dapat berkomentar. Ciyeeee, pintar.